-->
Ilmu Pembersih Hati
K.H. Abdullah Gymnastiar
K.H. Abdullah Gymnastiar
Ada sebait do'a yang pernah
diajarkan Rasulullah SAW dan disunnahkan untuk dipanjatkan kepada Allah Azza wa
Jalla sebelum seseorang hendak belajar. do'a tersebut berbunyi : Allaahummanfa'nii
bimaa allamtanii wa'allimnii maa yanfa'uni wa zidnii ilman maa yanfa'unii.
Dengan do'a ini seorang hamba berharap dikaruniai oleh-Nya ilmu yang
bermamfaat.
Apakah hakikat ilmu yang
bermamfaat itu? Secara syariat, suatu ilmu disebut bermamfaat apabila
mengandung mashlahat - memiliki nilai-nilai kebaikan bagi sesama manusia
ataupun alam. Akan tetapi, mamfaat tersebut menjadi kecil artinya bila ternyata
tidak membuat pemiliknya semakin merasakan kedekatan kepada Dzat Maha Pemberi
Ilmu, Allah Azza wa Jalla. Dengan ilmunya ia mungkin meningkat derajat
kemuliaannya di mata manusia, tetapi belum tentu meningkat pula di hadapan-Nya.
Oleh karena itu, dalam
kacamata ma'rifat, gambaran ilmu yang bermamfaat itu sebagaimana yang pernah
diungkapkan oleh seorang ahli hikmah. "Ilmu yang berguna," ungkapnya,
"ialah yang meluas di dalam dada sinar cahayanya dan membuka penutup
hati." seakan memperjelas ungkapan ahli hikmah tersebut, Imam Malik bin
Anas r.a. berkata, "Yang bernama ilmu itu bukanlah kepandaian atau
banyak meriwayatkan (sesuatu), melainkan hanyalah nuur yang diturunkan Allah ke
dalam hati manusia. Adapun bergunanya ilmu itu adalah untuk mendekatkan manusia
kepada Allah dan menjauhkannya dari kesombongan diri."
Ilmu itu hakikatnya adalah
kalimat-kalimat Allah Azza wa Jalla. Terhadap ilmunya sungguh tidak akan pernah
ada satu pun makhluk di jagat raya ini yang bisa mengukur Kemahaluasan-Nya.
sesuai dengan firman-Nya, "Katakanlah : Kalau sekiranya lautan menjadi
tinta untuk (menuliskan) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu
sebelum habis (dituliskan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan
tambahan sebanyak itu (pula)." (QS. Al Kahfi [18] : 109).
Adapun ilmu yang dititipkan
kepada manusia mungkin tidak lebih dari setitik air di tengah samudera luas.
Kendatipun demikian, barangsiapa yang dikaruniai ilmu oleh Allah, yang dengan
ilmu tersebut semakin bertambah dekat dan kian takutlah ia kepada-Nya, niscaya
"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan
orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." (QS. Al
Mujadilah [58] : 11). Sungguh janji Allah itu tidak akan pernah meleset sedikit
pun!
Akan tetapi, walaupun hanya
"setetes" ilmu Allah yang dititipkan kepada mnusia, namun sangat
banyak ragamnya. ilmu itu baik kita kaji sepanjang membuat kita semakin takut
kepada Allah. Inilah ilmu yang paling berkah yang harus kita cari. sepanjang
kita menuntut ilmu itu jelas (benar) niat maupun caranya, niscaya kita akan
mendapatkan mamfaat darinya.
Hal lain yang hendaknya
kita kaji dengan seksama adalah bagaimana caranya agar kita dapat memperoleh
ilmu yang sinar cahayanya dapat meluas di dalam dada serta dapat membuka
penutup hati? Imam Syafii ketika masih menuntut ilmu, pernah mengeluh kepada
gurunya. "Wahai, Guru. Mengapa ilmu yang sedang kukaji ini susah sekali
memahaminya dan bahkan cepat lupa?" Sang guru menjawab, "Ilmu
itu ibarat cahaya. Ia hanya dapat menerangi gelas yang bening dan bersih."
Artinya, ilmu itu tidak akan menerangi hati yang keruh dan banyak maksiatnya.
Karenanya, jangan heran kalau
kita dapati ada orang yang rajin mendatangi majelis-majelis ta'lim dan
pengajian, tetapi akhlak dan perilakunya tetap buruk. Mengapa demikian? itu
dikarenakan hatinya tidak dapat terterangi oleh ilmu. Laksana air kopi yang
kental dalam gelas yang kotor. Kendati diterangi dengan cahaya sekuat apapun,
sinarnya tidak akan bisa menembus dan menerangi isi gelas. Begitulah kalau kita
sudah tamak dan rakus kepada dunia serta gemar maksiat, maka sang ilmu tidak
akan pernah menerangi hati.
Padahal kalau hati kita
bersih, ia ibarat gelas yang bersih diisi dengan air yang bening. Setitik
cahaya pun akan mampu menerangi seisi gelas. Walhasil, bila kita menginginkan
ilmu yang bisa menjadi ladang amal shalih, maka usahakanlah ketika menimbanya,
hati kita selalu dalam keadaan bersih. hati yang bersih adalah hati yang
terbebas dari ketamakan terhadap urusan dunia dan tidak pernah digunakan untuk
menzhalimi sesama. Semakin hati bersih, kita akan semakin dipekakan oleh Allah
untuk bisa mendapatkan ilmu yang bermamfaat. darimana pun ilmu itu datangnya.
Disamping itu, kita pun akan diberi kesanggupan untuk menolak segala sesuatu
yang akan membawa mudharat.
Sebaik-baik ilmu adalah
yang bisa membuat hati kita bercahaya. Karenanya, kita wajib menuntut ilmu
sekuat-kuatnya yang membuat hati kita menjadi bersih, sehingga ilmu-ilmu yang
lain (yang telah ada dalam diri kita) menjadi bermamfaat.
Bila mendapat air yang kita
timba dari sumur tampak keruh, kita akan mencari tawas (kaporit) untuk
menjernihkannya. Demikian pun dalam mencari ilmu. Kita harus mencari ilmu yang
bisa menjadi "tawas"-nya supaya kalau hati sudah bening, ilmu-ilmu
lain yang kita kaji bisa diserap seraya membawa mamfaat.
Mengapa demikian? Sebab
dalam mengkaji ilmu apapun kalau kita sebagai penampungnya dalam keadaan kotor
dan keruh, maka tidak bisa tidak ilmu yang didapatkan hanya akan menjadi alat
pemuas nafsu belaka. Sibuk mengkaji ilmu fikih, hanya akan membuat kita ingin
menang sendiri, gemar menyalahkan pendapat orang lain, sekaligus aniaya dan
suka menyakiti hati sesama. Demikian juga bila mendalami ilmu ma'rifat.
Sekiranya dalam keadan hati busuk, jangan heran kalau hanya membuat diri kita
takabur, merasa diri paling shalih, dan menganggap orang lain sesat.
Oleh karena itu, tampaknya
menjadi fardhu ain hukumnya untuk mengkaji ilmu kesucian hati dalam rangka
ma'rifat, mengenal Allah. Datangilah majelis pengajian yang di dalamnya kita
dibimbing untuk riyadhah, berlatih mengenal dan berdekat-dekat dengan Allah
Azza wa Jalla. Kita selalu dibimbing untuk banyak berdzikir, mengingat Allah
dan mengenal kebesaran-Nya, sehingga sadar betapa teramat kecilnya kita ini di
hadapan-Nya.
Kita lahir ke dunia tidak
membawa apa-apa dan bila datang saat ajal pun pastilah tidak membawa apa-apa.
Mengapa harus ujub, riya, takabur, dan sum'ah. Merasa diri besar, sedangkan
yang lain kecil. Merasa diri lebih pintar sedangkan yang lain bodoh. Itu semua
hanya karena sepersekian dari setetes ilmu yang kita miliki? Padahal, bukankah
ilmu yang kita miliki pada hakikatnya adalah titipan Allah jua, yang sama
sekali tidak sulit bagi-Nya untuk mengambilnya kembali dari kita?
Subhanallaah! Mudah-mudahan
kita dimudahkan oleh-Nya untuk mendapatkan ilmu yang bisa menjadi penerang
dalam kegelapan dan menjadi jalan untuk dapat lebih bertaqarub kepada-Nya.***
0 komentar:
Posting Komentar